Inilah Fakta Unik Kota Pontianak yang Perlu di Ketahui

Whandi.Net — Banyak yang merasa penasaran dengan Pontianak? Sepanjang tahun, banyak sekali wisatawan datang ke kota khatulistiwa ini. Pasalnya, selain menyuguhkan tempat wisata menarik, Kota Pontianak juga memiliki sejumlah keunikan. Apa sajakah keunikan Kota Pontianak? Simak faktanya berikut ini.

Inilah Fakta Unik Kota Pontianak yang Perlu di Ketahui

1. Kota Pontianak memiliki Sungai Terpanjang di Indonesia
Anda pernah mengunjungi Sungai Kapuas? Inilah sungai terpanjang di Indonesia yang melintasi 5 kawasan, termasuk Pontianak. Panjang perairan ini mencapai 1.143 Km. Sementara itu, lebarnya sekitar 70–150 meter.

Jika dilihat dari atas, bentuk Sungai Kapuas seperti ular yang sedang meliuk. Permukaan sungai tampak tenang, tetapi sebenarnya sangat dalam. Adapun ujung sungai dimulai dari Putussibau, kemudian ke Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, dan berakhir di Pontianak.

2. Memiliki Deretan Warung Kopi dalam Satu Kawasan
Pemandangan tak biasa ini bisa Anda temukan di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak. Daerah itu dipenuhi warung kopi (warkop) dengan aneka jenis, rasa, dan sajian. Warung itu dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu semi modern dan tradisional.

Di warkop semi modern, tersedia fasilitas WiFi dengan kemasan tempat lebih kekinian. Sementara di warkop tradisional, gak ada WiFi. Meski begitu, warkop tradisional memiliki sajian kopi saring yang legendaris.

3. Kota Pontianak Mengalami Kulminasi Matahari
Momen kulminasi hanya terjadi di kawasan yang dilewati garis khatulistiwa. Kota Pontianak adalah salah satunyadengan ditandai Tugu Khatulistiwa. Nah, saat kulminasi berlangsung, kota itu berada di titik nol derajat. Ketika itu, matahari berada tepat di atas kepala sehingga benda-benda apa pun gak memiliki bayangan.

4. Pelampung di Pontianak
Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “pelampung”? Menurut persepsi orang pada umumnya, pelampung berbentuk karet yang digunakan tuk berenang di perairan. Namun, di Pontianak, pelampung artinya kapal ferimoda transportasi air sebagai pengangkut penumpang dan kendaraan.

5. Terdapat Enam Versi Asal-Usul Nama Pontianak
Biasanya, satu daerah hanya memiliki satu sejarah tentang asal-usul nama. Namun, Pontianak memiliki enam versi berbeda. Salah satu versi kisah yang paling terkenal, yakni cerita rombongan Syarif Abdurrahman. Diceritakan pada saat itu, rombongan Syarif Abdurrahman sedang menyusuri hutan. Mereka bermaksud membuka pemukiman penduduk. Di tengah perjalanan, muncul suara makhluk astral yang disebut kuntilanak.

Tuk mengusir makhluk itu, rombongan pun berinisiatif meledakkan meriam. Ajaib, suara kuntilanak berangsur-angsur hilang. Akhirnya, rombongan bisa melanjutkan tugasnya. Ada juga yang menuturkan bahwa, nama Pontianak diambil dari istilah ayunan anak. Jadi, pada zaman dahulu, di sekitar Masjid Jami terdapat ayunan anak. Lambat laun, ayunan itu menjadi inspirasi tuk membuat nama kota.

Itulah 5 keunikan Kota Pontianak yang gak dimiliki oleh kawasan lain di Indonesia. Anda penasaran? Mari, rencanakan liburan akhir pekan ini ke Pontianak.

Belajar itu suatu proses panjang untuk mencapai sebuah tujuan…!! https://whandi.net

Belajar itu suatu proses panjang untuk mencapai sebuah tujuan…!! https://whandi.net